Selasa, 15 Juni 2010

Cara Menjaga Fungsi Ginjal :D

    Sudah tau kan fungsi ginjal itu benar - benar penting, khususnya dalam fungsi eksresi (pengeluaran). Seperti yang sy katakan pada artikel sebelumnya, menjaga ginjal di saat kita masih sehat (apalagi kalo masih muda) sangatlah penting dan sebenarnya ga susah2 amat kok. 

     Bila seseorang terkena batu batu ginjal (kalsium oksalat) sebaiknya menghindari bayam, coklat, minuman cola, bir, kacang, strawberry, gandum, teh dan kopi. Makanan yang menyebabkan batu ginjal, juga asam urat, harus pula dihindari, seperti jeroan, kambing, emping mlinjo dan sefood. “Bila terpaksa harus memakan makanan tersebut, harus diimbangi dengan minum air putih 2,5 sampai 3 liter per hari,”

     Pencegahan penyakit ginjal, jelas Prof Doddy (pakar kesehatan), sebenarnya sangat mudah. Minum air putih tiga sampai lima liter per hari, olahraga rutin dua sampai tiga kali sehari. Minum susu sari kedelai juga baik untuk pencegahan penyakit ginjal. “Segera datang ke dokter urologi atau ginjal bila ada keluhan, nyeri pinggul atau kencing terasa nyeri,” katanya.

     Kedua, pemberian obat duaretika untuk memperlancar kencing. Sedangkan untuk penderita asam urat, bisa diminumi air soda. “Minum 3 sampai 3,5 liter air, jangan banyak makan daging. Roti gandum baik, demikian juga fiber sangat penting. Susu boleh diminum, tapi maksimun dua sampai tiga gelas. Suplemen juga boleh, tapi harus dengan saran dokter,” jelasnya

    Ketiga, gangan menahan bila ingin kencing / pipis. Usahakan bila teman2 ingin pipis, langsung dikeluarkan. Karena bila ditahan, maka selain dapat mengakibatkan rasa nyeri pada ginjal, juga dapat memicu batu ginjal.

     Keempat, hati - hati terhadap konsumsi oba-obatan yang mengandung banyak zat kapur, baik itu suplemen / vitamin, obat die, amfetamin, dan sebagainya. Zat kapur yang kita konsumsi bukanlah zat yang mudah larut dalam tubuh. oleh karena itu zat ini biasanya akan mengendap pada saluran pembuangan yaitu ginjal. Kebanyakan zat kapur secara logika berarti akan menghambat kerja ginjal dan juga dapat memicu batu ginjal.

    Hal lain yang dapat memicu disfungsi ginjal adalah kegemukan, mengecat rambut terlalu sering (yang ini nih aku ga ngerti kenapa), diare berkelanjutan, darah tinggi, dan sebagainya. 

     Sekali lagi saya sarankan, jagalah ginjal anda selagi masih bisa.huhuhu :p
Categories:

1 komentar:

  1. terimakasih tas informasinya..
    semoga sukses selalu..
    kunjungi saya di..
    BLOG SAYA
    lirik juga..
    REPOSITORY

    BalasHapus