Minggu, 04 Desember 2011

Teknologi Tampilan Augmented Reality


   Teknologi Tampilan
        Ada beberapa teknologi yang digunakan untuk menampilkan benda maya yang dibuat yaitu Head-Mounted Display, Virtual Retina Display, dan Tampilan Berbasis Layar. Setiap macam teknologi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

        Head-Mounted Display
Head Mounted Display terdiri dari dua jenis yaitu Opaque Head-Mounted Display dan See-Through Head-Mounted Display . Keduanya mempunyai konsep yang menggabungkan dunia nyata dan dunia maya secara bersamaan menggunakan dua alat yaitu mata untuk memproyeksikan dunia nyata dan kamera untuk menambahkan dunia maya ke dalam dunia nyata. Tampilan inilah yang paling banyak mendominasi penggunaan AR untuk saat ini dan teknologi inilah yang digunakan untuk aplikasi yang akan dibuat pada tugas akhir ini.

Virtual Retina Display
Virtual Retina Display  atau disebut juga dengan retinal scanning display (RSD), memproyeksikan cahaya langsung kepada retina mata pengguna tergantung pada intensitas cahaya yang dikeluarkan, VRD dapat menampilkan proyeksi gambar yang penuh dan juga tembus pandang, sehingga pengguna dapat menggabungkan realitas nyata dengan gambar yang diproyeksikan melalui sistem penglihatannya. VRD dapat menampilkan jarak pandang yang lebih luas daripada HMD dengan gambar beresolusi tinggi.  Keuntungan lain VRD adalah konstruksinya yang kecil dan ringan. Namun, VRD yang ada kini masih merupakan prototipe yang masih terdapat dalam tahap perkembangan, sehingga masih belum dapat menggantikan HMD yang masih dominan digunakan dalam bidang realitas tertambah.

Tampilan Berbasis Layar
Sistem berbasis layar dapat memproyeksikan gambar dari dunia maya ke dalam dunia nyata kepada pengguna menggunakan tabung sinar katoda atau dengan layar proyeksi.  Tampilan berbasis layar ini mulai diaplikasikan kepada perangkat genggam seperti telepon genggam yang memiliki LCD dan kamera. Perangkat genggam ini berfungsi seperti jendela atau kaca pembesar yang menambahkan benda maya pada tampilan lingkungan nyata yang ditangkap kamera, dimana mata manusia  tidak dapat melihatnya secara langsung.

Sistem Pelacakan (Tracking)
Sistem Mobile Augmented Reality yang modern dapat menggunakan satu atau lebih teknologi pelacakan seperti pelacakan dengan kamera digital atau sensor optic lainnya, GPS, Solid State Compass, dan lain sebagainya. Masing – masing teknologi memiliki berbagai tingkat akurasi dan presisi yang berbeda. Yang paling penting adalah pelacakan dari pose dan posisi  perangkat dan pandangan pengguna terhadap objek maya yang ingin ditampilkan. Selain perangkat (hard device), dibutuhkan juga software pendukung yang terhubung dengan perangkat yang dapat menampilkan benda maya.
Untuk Penelitian tugas akhir kali ini dibutuhkan perangkat berupa laptop yang telah dilengkapi dengan webcam untuk mendeteksi gambar dan software aplikasi yang akan dirancang dengan menggunakan Adobe Flex dan FLARToolkit.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar