Senin, 02 November 2009

menyimpan HTML ke PDF

Kemarin saya mencoba untuk men-convert halaman website http://ubuntuguide.org/wiki/Ubuntu:Jaunty ke pdf dengan tujuan menyimpannya agar dapat kembali membaca dan mem-print secara offline.

Ternyata tidak membutuhkan aplikasi tambahan karena secara standard Ubuntu 9.04 telah bisa melakukannya dan caranya tidak sulit.

Pada halaman website yang kita buka, pada contoh ini saya membuka halaman http://ubuntuguide.org/wiki/Ubuntu:Jaunty yang merupakan tutorial Ubuntu 9.04, saya hanya memprintnya ke bentuk file dan merubahnya ke pdf, that’s all. Simple banget.

Caranya :

* File > Print ( Ctrl-P )
* Pilih Print to File
* Pilih Radio Button PDF
* Masukkan Direktori penyimpanan file dengan mengakses Save in Folder
* Buat nama file pada Name yang ber-ekstensi pdf
* Klik Tombol Print

Benar-benar Linux itu canggih, tidak perlu software dan free lagi, kalau OS lain tentu kita membutuhkan aplikasi tambahan untuk itu dimana tentu akan memberatkan registrinya.

Di Firefox sendiri sebenarnya mempuyai Addons untuk menconvert html menjadi pdf yaitu : Addons html2pdf, setelah menambah Addons tersebut akan muncul ikon kecil di ujung kanan bawah dari browser Firefox, pada saat mencobanya saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan convert html tersebut, saya lebih cenderung dengan cara pertama diatas.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar