Senin, 30 November 2009

Menjajaki Kuliner Khas Makassar

Akhirnyaa pulang juga pas lebaran kemarin (rindu kampung halaman, hohoo). Di bandung gw udah nargetin apa2 aja yg mesti gw kunjungi di Makassar. Alhamdulillah sih beberapa udah kesampaian (sisanya ntar, pas pulang lagi  :D).

Di Makassar, gw manfaatin waktu luang sebaik-baiknya untuk menjajal makanan khas dan daerah wisatanya. Hahaa..yang udah tercapai ada beberapa :
1. Es Teler
Es teler yg gw cobain tuh es teler pettarani dekat sekolah gw. Rasanya ma'nyuuus banget. Beda banget ama es teler kota lain. Campurannya yg bikin beda tuh gula aren(punna biasana gula merahji ntu), nangka, dan yg plg penting adalah kacang disko (deh, khas makassar skali ini iyya).


2. Mi Titi
Mi titi cabang irian yg terkenal banget , harga standar, tempat enak, porsi besar (ini nih yg paling penting.wakakak). Nyamanna belaa..


3. Pisang epe
Habis makan makanan berat, enaknya cuci mulut pake air..eh bukan, pisang epe. Pisang setengah matang yang dibakar, dipress(gepeng deeh),trus dilumuri gula aren cair+kelapa parut. Biasanya ditambah dgn durian (nyamannaa).Lokasi terbanyak pastilaah di pinggir pantai losari :D


4. Coto makassar
Nahhhh ini nih ga boleh ketinggalan!! Gak ada gunanya datang ke Makassar kalo belum nyobain Coto Makassar. Kemarin yg sempat didatangi tuuh Coto Paraikatte, Coto AbDeSir, dan Coto Begadang depan MP. Yang paling enak mnurut gw tuh coto Abdesir :D. Tapi semuanya enak juga kook


5. Bakso Minggu Kartika
ini juga enak banget..baksonya khas..tempatnya selalu rame . Bakso ini buka tiap hari kok, tapi gw ga ngerti kenapa dinamain bakso minggu kartika. Lokasinya di jl. Pengayoman sebelum Alaska.

6. Warung Mas Panjul
hehe..ini tongkrongan gw pas SMA. Harganya harga anak sekolah, porsi banyak, rasa nikmat :D. Apalagi mi gorengnya yang khaaas banget. Mi gorengnya agak basah, mirip mi goreng jawa :D.Lokasi : pettarani, pas pertigaan Abdesir.

NAH, adapun list2 tempat yg belum gw datangi (waktunya kurang euui):
1. pallu basa abu bakar lambogo
2. Mi Pangsid Uplatda (gw cari2 tapi ga nemu, apa msh pada pulkam yaa?)
3. Jalangkote Maros
4. Roti maros
5. Seafood Pantai Losari
6. Mi Ceng (rekomendasi si fira)lo
7. Benteng Rotterdam (sambil makan es kelapa gt loh)

Hohoo, sabar aja niih. Pas pulang lagi ntar, target udah harus tercapai :D
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar